Welcome to Dr. Adie E. Yusuf Blogs !

Welcome to teknologikinerja.wordpress.com. This blog is dedicated to improve human performance in organization in order to enhance competitive advantages in global market.

About these ads

33 Responses to “Welcome to Dr. Adie E. Yusuf Blogs !”


  1. 1 dwi septi jayanti tp 06 May 26, 2008 at 10:49 am

    Organisasi belajar sangat penting dalam membangun kinerja atau mengembangkan sumber daya manusia itu sendiri karena dengan adanya organisasi belajar, pengetahuan dari tenaga kerjanya berkembang berdasarkan perkembangan jaman karena organisasi belajar memberdayakan sumber daya manusianya baik di dalam atau di luar perusahaan untuk belajar sambil bekerja. Memanfaatkan teknologi untuk mengoptimalkan baik pembelajaran maupun produktivitas kerja.pada blog ini sudah sangat optimal dalam medeskripsikan tentang organisasi belajar,blog ini sangat berguna sekali untuk mencari semua tentang pengembangan sumber daya manusia, karena dib log ini menjawab semua pertanyaan anda.

  2. 2 amelia nani siregar October 15, 2008 at 12:16 pm

    Empat aspek kajian sumberdaya manusia (SDM)yang perlu difikirkan, yaitu: human resource planning, human resource development, human resource utilization/empowerment dan human resource evaluation. Hal ini berlaku untuk semua organisasi, mulai dari rekruitmen sampai pensiun. Tetapi belum ada yang menciptakan model-model terbaik yang bisa diaplikasikan sesuai kebutuhan organisasi. SDM tidak sama dengan mesin sehingga mereka membutuhkan empat aspek ini, jika tidak lebih baik manusia kita ganti dengan robot.

  3. 3 dudy dharmawan January 20, 2009 at 3:51 am

    klo menurut saya,organisasi belajar itu terdiri dari 2 kata,yaitu organisasi dan belajar.organisasi itu adalah sekelompok orang atau beberapa orang,sedangkan belajar itu ialah proses untuk menjadi lebih baik.jadi kesimpulan saya,organisasi belajar itu adalah sekelompok orang atau beberapa orang yang melakukan proses untuk meningkatkan kualitas hidupnya.sebagai contoh adalah dijurusan kita ini,teknologi pendidikan.disini kita bisa belajar secara kelompok dalam arti setian insan di TP saling membantu untuk meningkatkan kualitas atau potensi diri.para mahasiswa walaupun belajar secara mamdiri,tapi para dosen dan pembimbing turut serta menfasilitasi dan mengarahkan secara bena….begitu saja tanggapan dari saya,klo ada kekurangan mohon dimaafkan.trimakasih atas bimbingannya…….mohon perbaikan nilai disain pelatihan…dudy dharmawan 1215061033 #bravo,TPers#

  4. 4 Hadijah Faradilah (Hadijah) May 8, 2012 at 2:05 am

    Perkembangan Tehknologi informasi dan komunikasi dewasa ini memang sangat pesat dan tidak mudah dibendung. Hal ini tentu sangat baik diupayakan dalam meningkatkan mutu pendidikan diseluruh jenjang pendidikan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa serta meningkatkan IPTEK bagi siswa. Namun, dalam upaya nya diharapkan tidak melunturkan budaya dan ciri khas yang ada. Dalam kajian TIK didalam blog ini sangan bermanfaat, baik untuk pribadi saya maupun untuk perkembangan karier serta pendidikan di sekolah yang saya bina. Saya mengenal ITC memang belum lama karna beberapa faktor usia, kesibukan, pekerjaan. Karena saya masuk UNPAK S2 ini, saya berusaha untuk menyesuaikan diri dengan belajar mengenal mulai dari perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware). Alhamdulillah saat ini saya dapat membuka dan menutup komputer, notebook serta mengenal lebih jauh tentang segala perangkat ITC lainnya. Dan saya berusaha memperdalamnya agar tidak ketinggalan dengan rekan saya di sekolah. Dengan masukan ilmu yangsaya dapat dari bapak saya sangat bersyukur bisa mengenal lebih jauh makna serta pemanfaatan ITC. Terima Kasih. Salam Super.

  5. 5 Filah Saiful July 13, 2012 at 12:00 pm

    Bismillah…
    Dengan teknologi informasi mempermudah pengerjaan tugas, dalam arti tanpa harus berhadapan langsung dengan dosen dan tidak menyita waktu. Kedua memperpendek jarak tanpa harus berkendaraan untuk menyampaikan tugas yang diberikan dosen (diantaranya). Ketiga meminimalisir pengeluaran dana, maaf mengerjakan tugas bisa saja di satuan pendidikan yang bersangkutan, jika memang terhalang oleh pulsa yang harus dipenuhi. Dengan demikian manfaat dari penggunaan teknologi informasi sungguh akan terasa, walaupun harus jujur untuk mempelajari ilmu teknologi informasi itu sangat perlu waktu, maklum dengan kondisi sekarang lebih terasa menjadi seorang pengajar dengan segala administrasi yang harus dipenuhi, apalagi dengan digulirkannya aturan bagi guru dengan Penilaian Kinerja Guru yang notabene lebih detail dalam mengadministrasikan segala sesuatu yang berkenaan dengan peserta didik. Namun demikian saya akan berusah lebih baik, karena apapun alasannya itu merupakan tanggungjawab dan konsekwensi sebagai tenaga pendidik yang harus memenuhi kriteria salah satunya adalah Pendidik yang profesional.

  6. 6 NURLAELA October 17, 2012 at 3:49 am

    Assalamualaikum wr.wb.
    setelah membaca dan menyimak tulisan Bapak, saya berpendapat bahwa motivasi itu sangat dibutuhkan dalam berbagai aspek kehidupan, kaitan dengan tulisanbapak yaitu pengaruh motivasi terhadap peningkatan kinerja, salah ssatunya adalahmotivasi dlam pekerjaan agar kinerja kita lebih baik lagi.
    motivasi sangat kita perlukan tanpa disadari atau tidak oleh kita sendiri, motivasi dapat kita peroleh dari rekan kerja atapun dari pimpinan,yg akan membuat kinerja kita yang asalnya mulai menurun menjadi meningkat
    kaitan dengan tulisan bapak diatas, motivasi dari seorang pimpinan kepada bawahan sangat diperlukan oleh smua tanpa terkecuali, agar dalam melaksanakan tugas kita merasa nyaman dan penuh rasa tanggung jawab.
    Demikian komentar dari saya, semoga bermanfaat.
    wassalamualaikum wr.wb.

    nyai nurlaela, semester 1 E.10

  7. 7 nina October 20, 2012 at 1:12 am

    Asalamuallaikum Wr.Wb..
    Setelah membaca tulisan bapa, saya berpendapat bahwa motivasi sangat berpengaruh dalam kinerja seseorang. Karena apabila motivasi nya rendah atau jelek maka terhadap kinerja pun dampaknya akan seperti itu dan tidak ada peningkatan.
    Kinerja seseorang akan bagus apabila dia memiliki motivasi dalam hidupnya, artinya orang itu memiliki tujuan yang ingin di capai# Nina Tarlina mahasiswi SUKABUMI Semester 1 E10

  8. 8 Neng Rika Restiansari October 21, 2012 at 9:21 am

    Assalamu’alaikum wr.wb
    Salam kenal untuk Pak Adie
    Selamat sore pak. Saya Neng Rika Restiansari mahasiswa PPS kelas E.10. Setelah saya membaca tulisan bapak ada sesuatu yang menarik tentang motivasi.
    Menurut saya motivasi sangat penting dalam mendorong seorang menjadi apa yang diinginkan, sesuai yang diharapkan. Kalau seseorang sudah mempunyai motivasi pasti keinginan itu akan tercapai, karena dimana ada usaha pasti ada hasilnya. Motivasi juga timbul selain dari diri sendiri, timbul juga dari orang lain, misalnya motivasi dari orang lain dapat memberikan dorongan kepada seseorang untuk mengambil suatu tindakan yang diharapkan.
    Demikian komentar dari saya, mudah-mudahan bermanfaat.
    Terimakasih.
    Wassalam
    Neng Rika Restiansari
    Mahasiswa Semester 1 Pasca Sarjana Unpak
    NPM : 072112193

  9. 9 Emma S Nurochmah November 22, 2012 at 11:06 am

    Assalamu’alaikum wr wb.
    Terima kasih pak Pak Adie, setelah membaca tulisan bapak semakin menambah wawasan saya tentang motivasi.

    Motivasi adalah alasan yang mendasari sebuah perbuatan yang dilakukan oleh seorang individu. Seseorang dikatakan memiliki motivasi tinggi dapat diartikan orang tersebut memiliki alasan yang sangat kuat untuk mencapai apa yang diinginkannya dengan mengerjakan pekerjaannya yang sekarang. Semua orang memerlukan motivasi, karena motivasi berdampak pada kinerja seseorang. Motivasi merupakan sebuah alasan, dan ada juga yang mengartikan motivasi sama dengan semangat.
    Kita perlu memiliki motivasi untuk menghasilkan prestasi belajar dan kerja yang memuaskan, tentu saja motivasi tiap orang akan berbeda, tergantung seberapa giat seseorang berusaha.
    Jadi motivasi sangat penting bagi keberhasilan seseorang untuk mencapai tujuannya.

    Emma Sitti Nurochmah kelas D 10

  10. 10 zaenal abidin December 11, 2012 at 3:11 pm

    Motivasi ibarat bensin bagi kendaraan yang sedang melaju ke tempai tujuan, tanpa bensin sebagus apapun tidak akan sampai ke tempat tujuan yang memang penuh lika liku dan jurang

  11. 11 nunung nurhayati December 15, 2012 at 6:44 am

    Assalamualaikum Wr.W.

    Setelah membaca artikel bapak tentang “Pengaruh Motivasi Terhadap Peningkatan Kinerja” sangat bagus dan dapat menambah wawasan, khususnya bagi saya. Memang benar motivasi merupakan salah satu faktor penting dalam mendorong seorang karyawan untuk bekerja. Tanpa adanya motivasi, seseorang tidak akan tercapai tujuanya dalam bekerja untuk mencapai ke arah yang lebih baik. Kalau motivasi tinggi pasti kinerja pun tinggi dan hasilnya pun bagus serta maksimal, sebaliknya Kalau motivasi rendah pasti kinerja pun rendah pula dan hasilnya pun tidak akan maksimal. Hal ini dapat dihubungkan di lingkungan tempat kerja saya yang berprofesi sebagai guru. Apabila memiliki motivasi yang tinggi untuk untuk mencapai keberhasilan, maka ia akan mempunyai tanggung jawab yang besar demi keberhasilan anak didiknya, akan dapat menyusun rencana kerja (RPP) dengan baik, lebih memperhatikan anak didiknya, dan senang dengan tugas yang dilakukannya sehingga kinerjanya pun akan lebih meningkat. Akan tetapi, bila motivasi rendah maka ia tidak akan memiliki tanggung jawab dalam bekerja, kurang disiplin, asal masuk kelas dan tidak mempunyai tujuan yang jelas, bersikap masa bodoh terhadap anak didiknya, dan tidak akan senang dengan tugas yang dilakukannya. Jadi motivasi sangat berpengaruh terhadap kinerja seseorang.

    Terima kasih ya Pak adie….
    Wassalam
    Nunung Nurhayati/Kelas D7/Administrasi Pendidikan/Pascasarjana Unpak

  12. 12 juju julaeha December 16, 2012 at 4:34 pm

    Assalamualaikum wr,wb

    pak saya juju julaeha mahasiswa pasca sarjana semester 1 kelas E 10. setelah membaca tulisan bapak, saya sangat tertarik dengan materi teknik memotivasi kerja, disana tertulis teknik memotivasi kerja itu bisa dilaksanakan dengan :
    a. teknik pemenuhan kebutuhan, sebagai dasar bagi perilaku kerja.
    b. teknik komunikasi persuasif, yang dilakukan dengan cara mempengaruhi dari luar diri.
    artinya adalah kedua teknik terssebut. pertama timbul dari dalam diri manusia dan kedua dari luar dirinya.
    sementara motivasi sebagai upaya yang dapat memberikan dorongan kepada seseorang untuk mengambil suatu tindakan yang dikehendaki. sebelum mengambil tindakan tentu harus ada teknik bagaimana caranya bisa memotivasi kerja, baik dalam melaksanakan segala sesuatu/bekerja maupun belajar.
    karena tidak sedikit orang yang mengambil tindakan yang salah dalam memotivasi karena tidak tahu tekniknya, sehingga jika salah dalam memberikan motivasi maka seseorang bukan malah termotivasi lebih baik tapi malah kinerja tambah buruk. oleh karena itu teknik yang bagus akan memungkinkan mendapat tindakan yang bagus dan kebalikannya teknik yang salah akan mendapat tindakan yang kurang bagus.
    untuk sementara cukup sekian komentar dari saya, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua, amiiin
    wassalamualaikum wr.wb

  13. 13 Dra Sumirah January 29, 2013 at 12:47 am

    Assalamualaikum wr.wb
    Dengan teknologi informasi dewasa ini menjadi yang sangat penting karena sudah banyak yang menerapkan informasi untuk mendukung kegiatan organisasi.
    Teknologi informasi diterapkan untuk pengolahan informasi yang dewasa ini menjadi salah satu bagian penting karena :
    1. Meningkatnya kompleksitas dari tugas manajemen
    2. Pengaruh ekonimi internasional ( Globalisasi )
    3. Perlunya waktu Tanggap ( Response time ) yang klebih cepat
    4. Tekanan akibat dari persaingan bisnis
    Dengan Teknologi Informasi semua pekerjaan dan tugas-tugas akan lebih efisien dalam pengajuannya tanpa harus banyak membuang waktu dan tempat terlalu jauh, begitu juga dengan biaya akan lebih irit.
    Demikian komentar dari saya, Semoga bermanfaat.

    Wasalammualaikum Wr. Wb

  14. 14 Jufriono January 31, 2013 at 9:15 am

    Assalamuallaiku Wr.Wb
    Menurut saya, bahwa perkembangan teknologi imformasi dan komunikasi di saat ini cukup pesat dan tidak bias di pungkiri kehadirannya.
    Hal ini akan memacu untuk meningkatkanmutu pendidikan di seluruh jenjang pendidikan dalam rangka mengupayakan mencerdaskan kehidupan bangsa serta meningkatkan IPTEK bagi siswa- siswa yang kita didik, sehingga menjadi peserta didik yang dapat mandiri dan dapat menerapkan ilmu pengetahuannya sesuai dengan kopetensi yang mereka miliki sesuai dengan perkembangan teknologi informasi yang sedang berkembang pesat. Sehingga tidak ketinggalan dengan Negara lain.
    Demikian komentar dari saya semoga bermanfaat.
    Dari :
    Jufriyono
    Kelas : S3 B1
    Program Pascasarjana Unpak Bogor

  15. 15 Ely Surayya March 1, 2013 at 6:24 am

    Assalamualaikum wr,wb

    Menurut saya,bahwa perkembangan teknologi dan komunikasi menjadi salah satu alternatif solusi dalam menopang dan menggerakan dunia pendidikan dikancah persaingan global.Dengan teknologi komunikasi dapat membangun kreatifitas antar komponen yang ada dalam pendidikan sehingga pendidikan menjadi lebih dinamis lincah bergerak dalam mengadakan komunikasi guna memperoleh dan meraih peluang-peluang yang ada untuk pengembangan pendidikan di Indonesia.

    Demikian komentar dari saya terima kasih.

  16. 16 nunung nurhayati March 15, 2013 at 3:49 pm

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Yang terhormat Bapak Dr. H. Adie E. Yusuf, M.A.
    Artikel Bapak tentang “Pemanfaatan ICT dalam Pendidikan: Kebijakan dan Standarisasi Mutu” sangat bagus.
    Seiring dengan adanya kemajuan Zaman dan teknologi yang semakin berkembang guru setidaknya dituntut bisa menguasai komputer dan dapat memanfaatkannya dalam kegiatan belajar mengajar di kelas.
    Pemanfaatan ICT sangat penting dan dibutuhkan bagi tenaga pendidik untuk dapat meningkatkan kualitas dalam proses KBM di kelas sehingga dapat menghasilkan mutu proses dan hasil pendidikan yang lebih baik. sehingga standarisasi mutu yang disyaratkan untuk penyelenggaraan pendidikan berbasis TIK dapat terlaksana dengan efektif dan efisien
    serta akuntabel serta dapat menghasilkan mutu proses dan hasil pendidikan yang lebih baik.

    Demikian komentar saya, terima kasih
    Wassalamualaikum Wr.Wb

    Nama : Nunung Nurhayati
    Kelas : D7 / Administrasi Pendidikan / NPM : 072112042

  17. 17 rusiarni March 21, 2013 at 11:28 pm

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Yang terhormat Bapak Dr. H. Adie E. Yusuf, M.A.
    Artikel Bapak tentang “Pemanfaatan ICT dalam Pendidikan: Kebijakan dan Standarisasi Mutu”.

    teknolgi informasi komunikasi (TIK) dengan nama laininformation communiucation and technolgi (ICT) dalam era globalisasi saat ini sudah menjadi suatu kebutuhan yang mendasar dalam mendukung efektifitas dan kualitas proses pendidikan. isu-isu pendidikan di indonesia seperti kualitas dan relevansi pendidikan, otonomi dan akuntabilitas, efisiensi serta produktivitas, tidak akan dapat diatasi tanpa bantuan TIK. pendidikan berbasis TIK merupakan sarana interaksi manajemen dan administrasi pendidikan yang dapat dimanfaatkan baik oleh pendidik, tenaga kependidikan maupun peserta didik dalam meningklatkan kualitas, produktivitas, efektivitas juga akses pendidikan.
    demikian komentar saya, terima kasih

    wassalam.

    Nama : Rusiarni.S.Pd
    Kelas : D6
    NPM 072112014

  18. 18 Sadarmi March 30, 2013 at 1:47 am

    Assalamualaikum wr.wb

    Kepada Yth. Bapak Dr.H.Adie E Yusuf, M.A
    Artikel bapak yang bertemakan “Pemanfaatan ICT dalam pendidikan : Kebijakan dan Standarisasi Mutu”

    Menanggapi artikel yang dikemukakan diatas, dilihat dari pemanfaatannya TIk yang mana memiliki potensi yang sangat besar dalam dunia pendidikan selain itu juga dengan adanya metode pembelajaran dengan menggunakan ICT, peserta didik dapat memperoleh input pengetahuan yang lebih luas mengenai pembelajaran. Akan tetapi ada beberapa faktor yang menjadi kendala apabila peserta didik tidak bisa memilah akses jaringan yang tidak seharusnya dan selain itu juga masih banyak keterbatasan bagi yang mengenyang pendidikan di daerah pedalaman khususnya. Adapun kelebihan yang diperoleh, yaitu untuk menjamin mutu proses dan hasil pendidikan. Selain itu juga nilai positif dari pemanfaatan ICT, sebagai tenaga pendidik dituntut untuk memiliki wawasan yang lebih luas dengan mengakses pengetahuan yang terbaru dan hal tersebut bisa dijadikan bahan motivasi untuk menghasilkan pembelajaran yang lebih baik.
    Terimakasih…
    Wasalamulaikum wr.wb..

    Nama mahasiswa : Sadarmi
    Kelas : S2/E10
    NPM : 072112204

  19. 19 sukari April 2, 2013 at 3:32 am

    sukari / D6
    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Yang terhormat Bapak Dr. H. Adie E. Yusuf, M.A.

    Perkembangan Tehknologi informasi dan komunikasi dewasa ini memang sangat pesat dan tidak mudah dibendung. Hal ini tentu sangat baik diupayakan dalam meningkatkan mutu pendidikan diseluruh jenjang pendidikan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa serta meningkatkan IPTEK bagi siswa. Namun, dalam upaya nya diharapkan tidak melunturkan budaya dan ciri khas yang ada. Dalam kajian TIK didalam blog ini sangan bermanfaat, baik untuk pribadi saya maupun untuk perkembangan karier serta pendidikan di sekolah yang saya bina. Saya mengenal ITC memang belum lama karna beberapa faktor usia, kesibukan, pekerjaan. Karena saya masuk UNPAK S2 ini, saya berusaha untuk menyesuaikan diri dengan belajar mengenal mulai dari perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware). Alhamdulillah saat ini saya dapat membuka dan menutup komputer, notebook serta mengenal lebih jauh tentang segala perangkat ITC lainnya. Dan saya berusaha memperdalamnya agar tidak ketinggalan dengan rekan saya di sekolah. Dengan masukan ilmu yangsaya dapat dari bapak saya sangat bersyukur bisa mengenal lebih jauh makna serta pemanfaatan ITC. Terima Kasih. Salam Super.

  20. 20 NINA TARLINA May 4, 2013 at 2:22 pm

    Alhamdullilah setelah saya membaca artikel yang bapak buat sangat setuju sekali ,karena dengan adanya ICT akan memberikan dampak yang cukup besar terhadap kehidupan umat manusia dalam berbagai aspek dan dimensi salah satu instrumen dalam era globalisasi yang telah menjadikan dunia ini menjadi transparan dan menjadi penghubung yang sangat mudah dan cepat tanpa mengenal wilayah atau batas kebangsaan. Melalui ICT setiap orang dapat mengakses ke dunia memperoleh informasi dalam berbagai bidang dan dalam memberikan pengaruh dalam keseluruhan prilaku. Proses pembelajaran tidak akan terlepas dari keberadaan komputer dan internet sebagai bahan bantu yang utama agar komunikasi lebih efektif dan produktif.Dan juga proses pembelajaran akan berlangsung secara efektif dan efisien , karena ditunjang dengan alat bantu ICT disetiap lembaga pendidikan.. mungkin itu , yg dapat saya sampaikan, mohon maaf atas kekurangannya..dan trima kasih..Nama: Nina Tarlina…Kelas :S2 E.10/ unpak/ NPM 073112194.

  21. 21 Sanudin October 31, 2013 at 3:34 pm

    Ass..
    Selamat Malam…

    Berbicara soal Tekhnlogi, Teknologi adalah penerapan dari ilmu dalam bidang-bidang tertentu untuk membantu memecahkan masalah. Teknologi juga dapat diartikan sebagai suatu alat ataupun komponen-komponen yang dapat mempermudah segala aktifitas manusia.

    Namun dalam hal ini juga teknologi tidak selalu berupa alat, namun dapat berupa berupa gagasan inovatif, cara, dan lain-lain yang dapat memberikan keefisien dan keefektifan bagi pemenuhan kebutuhan manusia.

    Nama: Sanudin
    NPM 072113148
    Kls Ciangsana/Unpak

  22. 22 pareang November 22, 2013 at 3:11 pm

    As. Wr. Wb.
    Dunia pendidikan diera ekonomi global memiliki tantangan yang sangat komplek terutama dalam universalitas keberagaman dan kepatutan antara kebutuhan akan dunia pen
    didikan dengan keterbatasan ekonomi.
    Dinegara manapun anggaran pendidikan selalu diukur pada target pencapaian ekonomi, semakin meningkat pendapatan dibidang ekonomi suatu negara sangat berimplikasi besar terhadap paradigma dunia pendidikan sehingga saya menyimpulkan dalam hal ini dalam pencapaian target kebijakan pendidikan sangat berkorelasi dengan kebijakan pemerintah disektor ekonomi.
    Wasalam
    Nama Samsu Hizbulhaqi
    Kelas AP. A. 1.2
    NPM 072113061

  23. 23 rini indriana November 23, 2013 at 5:10 am

    Sukabumi ,
    Tes masuk 12 oktober 2013
    Semester 1 pasca sarjana (S2), APE ( UNPAK )
    Assalamualaikum,wbr..
    Pak Adie E Yusuf
    Tugas Individu,

    Motivasi ! Hmmmmm………..
    Yupsssss. Aku udah baca, materi yang bapak sampaikan di blog.
    Mengenai Motivasi, Seperti halnya aku pak , jika hati ini tidak termotivasi mana mungkin saya bisa duduk dalam sebuah ruangan kelas. UNPAK dan akhirnya saya membuka blog bapak. Jujur pa kita belum bertemu……..?ketemu enggak ya pak, ketemu dong pak, …hehehehehe.

    Menurut kamus besar bahasa Indonesia,depdikbud ( Jakarta; balai pustaka 1995).p666, Motivasi adalah dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu.
    Motivasi merupakan istilah yang lazim digunakan untuk mengetahui maksud seseorang atas suatu hal untuk mencapai tujuan tertentu,misalnya uang ,keselamatan,prestise dan sebagainya.
    Motivasi merupakan salah satu factor yang turut menentukan keefektifan kerja. Callahan (1988) dalam Mulyasa Mengemukakan bahwa Motivasi adalah tenaga pendorong atau penarik yang menyebabkan adanya tingkah laku ke arah tujuan tertentu .Motivasi merupakan bagian penting dalam setiap kegiatan, tanpa motivasi tidak ada kegiatan yang nyata.Menurut Morgan dalam Mulyasa motivasi sebagai tenaga pendorong atau penarik yang menyebabkan adanya tingkah laku kearah suatu tujuan tertentu. Sementara Maslow (1970) dalam Mulyasa Mengemukakan Motivasi adalah tenaga pendorong dari dalam yang menyebabkan manusia berbuat sesuatu atau berusaha untuk memenuhi kebutuhannya.(E. Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional, ( Jakarta: Remaja Rosda Karya,2003, PP.133-134).

    Husaini Usman memberikan batasan bahwa Motivasi ialah keinginan untuk berbuat sesuatu.( Husaeni Usman manajemen, teori,praktik dan riset pendidikan ( Jakarta: bumi aksara,2006, p222).

    ============= CURHAT YA PAK =============

    Dan Motivasi yang terjadi dalam diri saya, mengapa dan kenapa saya melanjutkan pendidikan kejenjang S2, saya memiliki tujuan,yaitu rasa aman , harga diri , wawasan,intinya, saya tidak terlalu ambisi untuk menjadi pimpinan , saya hanya ingin jadi staf yang nyaman dengan pekerjaan saya dan bisa dihargai pimpinan, Pimpinan bisa buat saya nyaman maka posisi pimpinan akan aman , namun sebaliknya jika saya tidak merasa nyaman saya akan merubah hati dan keinginan saya, posisinya akan saya raih , kenapa tidak jika syarat secara administrasi sudah terpenuhi , Golongan PNS yang cukup, dan pendidikan S2 dan yang lainya pun saya sudah siap.

    Kronologisnya, mengapa saya ingin melanjutkan studi kejenjang ini, Tahun 2010 saya diberi kesempatan oleh pimpinan saya (kasi 1) dan diberi tanggung jawab penuh oleh pimpinan saya dan Alhamdulillah pekerjaan tersebut sangat memuaskan berbagai pihak,pimpinan saya menilai positip bahwa saya ternyata mampu diberi tanggung jawab tersebut, saya banyak belajar darinya dan saya senang diberi kesempatan olehnya, 2013 ada perubahan struktur kepemimpinan. saya ganti pimpinan kasi pindah Kabid tetap, diawal pimpinan baru saya tidak mengerti apa yang harus dia kerjakan dan apa yang harus dia perbuat, pimpinan baru saya banyak sharing kesaya karena saya orang lama, tentunya orang lama banyak tau, semuanya saya kasih tau setelah tau , dia coba untuk memindahkan saya namun usahanya sampai saat ini gagal, Kabid lebih mengenal saya dari pada dia (kasi 2 ).

    Saya dapat surat dari Pusat KEMENDIKNAS by name nama saya. SURAT UNDANGAN TIM PENYUSUN PEDOMAN Bantuan ……………….., dalam surat tersebut hanya 5 orang yg terpilih Perwakilan hanya 5 daerah se Indonesia. rasa bangga dan senang ada dihati saya, namun semua itu sirna hilang menjadi duka, kasi saya berkata ; apa bisa diganti olehnya ,kasi saya menginginkan undangan itu,dengan kelemahan isi dari surat undangan itu kasi saya datang ke Kabid , di Undangan itu tertulis nama saya dengan gelar S2,dan Ke 4 orang yang ada dalam undangan itu bergelar S2 dan S3, sementara saya sebenarnya belum S2. Padahal undangan itu memang sengaja dibuat seolah- olah saya sudah S2 ,Penyelenggara tau saya memang belum S2. mereka mengundang saya karena mengenal saya. Kabid menelepon saya, dengan penyampaian gurauan Kabid yang membuat hati saya patah ,Undangan itupun tergantikan . rasa kecewa ada dihati saya, (Anak buah tergantikan oleh pimpinan).
    Semangat ada dihati saya,(S2 ). Jenjang itu ternyata harus saya tempuh , S2 menjadi kebutuhan buat saya, agar tidak terjadi lagi permasalahan gelar . saya buat gelar itu menjadi nyata.
    Kesimpulan saya atau menurut saya Motivasi adalah rasa: keinginan( wants),hasrat; kebutuhan (Needs) yang tumbuh dihati manusia yang datang karena sebab atau faktor kesempatan dan peluang sumber daya pendukung serta didasari keyakinan untuk mencapai tujuan, atau penepatan tujuan ( Goal – Setting ).

    Wassalam,

    Bantu ya pak untuk mewujudkannya .

    Semoga berhasil === MOTIVASI ===

  24. 24 Dadan Candra February 3, 2014 at 8:00 am

    Dadan Candra
    NIM 72113108
    Semester I Pasca Sarjana Upak AP Kelas E.11

    Assalamualaikum wr..wb..
    Alhamdulilah setelah saya membaca dan menyimak tulisan bapak tentang “Pengaruh Motivasi terhadap Peningkatan Kinerja” semakin menambah wawasan pengetahuan tentang motivasi, sehingga saya berpendapat bahwa motivasi memang sangat dibutuhkan dan sangat berpengaruh dalam mendorong seseorang atau karyawan untuk bekerja lebih baik.
    Seperti kita ketahui bahwa motivasi bisa timbul dari diri sendiri bisa juga kita peroleh dari lingkungan dimana kita bekerja misalnya dari rekan kerja bahkan mungkin dari atasan ataupun pimpinan.
    Motivasi yang datang dari diri sendiri tidak terlepas dari tiga macam kebutuhan yaitu : – Kebutuhan berprestasi, kebutuhan berkuasa dan kebutuhan berafiliasi yang meliputi persahabatan, kerjasama dan perasaan diterima. Sementara motivasi yang kita peroleh dari rekan kerja/ pimpinan dapat memberikan dorongan seseorang untuk mengambil suatu tindakan yang diharapkan dan prestasi kerja yang memuaskan. oleh karena itu motivasi menjadi sangat penting untuk keberhasilan seseorang/kelompok untuk mencapai tujuannya.
    Demikian komentar dari saya, semoga bermanfaat untuk kita semua amiin.
    Wassalamualaikum wr..wb..

  25. 25 maemunah kurniawati February 3, 2014 at 1:04 pm

    Assalamualaikum….wr..wb
    Komen tentang motivasi dan kinerja
    Assalamualaikum….wr..wb
    Komen tentang motivasi dan kinerja

    Dunia pendidikan memasuki era globalisasi, dimana persaingan.mampu berperan dalam memberikan motivasi untk kinerja seorang pendidik. Arti motivasi itu sendiri adalah menggunakan hasrat untuk menggerakan dan menuntut menuju sasaran, membantu mengambil inisiatif dan bertindak sangat efektif serta bertahan menhadapi kegagalan dan frustasi.
    Motivasi dan etos kerja mempengaruhi faktor kemampuan dan keterampilan setiap orang, sedangkan motivasi terbentuk dari setiap (attitude) seseorang pegawai dalam menghadapi situasi kerja. Motivasi merupakan kondisi yang menggerakan diri pegawai yang terarah untuk mencapai tujuan organisasi.
    Motivasi dan kinerja sangat penting untuk mendorong semangat kerja dan dipengaruhi oleh latar belakang keluarga, lingkungan masyarakat, budaya dan nilai-nilai agama yang dianutnya, seseorang yang melihat pekerjaan sebagai beban dan keterpaksaan akan mempunyai kinerja yang rendah, tapi seeorang untuk memandang pekerjaan sebagai kebutuhan, pengabdian dan prestasi akan menghasilkan kinerja yang tinggi dimana hubungan yang baik antara motivasidan kinerja bila seseorang menilai : tanggung jawab, pribadi yang tinggi, memilih rencana lainnya, kesempatan untuk merealisasikan rencana yang telah diprogramkan.
    Dunia pendidikan memasuki era globalisasi, dimana persaingan.mampu berperan dalam memberikan motivasi untk kinerja seorang pendidik. Arti motivasi itu sendiri adalah menggunakan hasrat untuk menggerakan dan menuntut menuju sasaran, membantu mengambil inisiatif dan bertindak sangat efektif serta bertahan menhadapi kegagalan dan frustasi.
    Motivasi dan etos kerja mempengaruhi faktor kemampuan dan keterampilan setiap orang, sedangkan motivasi terbentuk dari setiap (attitude) seseorang pegawai dalam menghadapi situasi kerja. Motivasi merupakan kondisi yang menggerakan diri pegawai yang terarah untuk mencapai tujuan organisasi.
    Motivasi dan kinerja sangat penting untuk mendorong semangat kerja dan dipengaruhi oleh latar belakang keluarga, lingkungan masyarakat, budaya dan nilai-nilai agama yang dianutnya, seseorang yang melihat pekerjaan sebagai beban dan keterpaksaan akan mempunyai kinerja yang rendah, tapi seeorang untuk memandang pekerjaan sebagai kebutuhan, pengabdian dan prestasi akan menghasilkan kinerja yang tinggi dimana hubungan yang baik antara motivasidan kinerja bila seseorang menilai : tanggung jawab, pribadi yang tinggi, memilih rencana lainnya, kesempatan untuk merealisasikan rencana yang telah diprogramkan.

  26. 26 maemunah kurniawati February 4, 2014 at 7:19 am

    Nama : maemunah kurniawati
    Nim : 072113122
    Kelas : E 11/ unpak pacsa sarjana
    Tugas individu , mohon maaf bila terlalu banyak

    Asalamualaikum wr.wb
    Motofasi dan kinerja .

    Dunia pendidikan memasuki era globalisasi , di mana persaingan mampu berperan dalan memberikan untuk kinerja seorang pendidik. Arti motofasi itu sendiri adalah menggunakan hasrat untuk menggerakan dan menuntun menuju sasaran , membantu mengambil inisiatif dan bertindak sangat efektif serta bertahan menghadapi kegagalan dan prustasi.
    Motifasi dan etos kerja mempengaruhi faktor kemampuan dan keterampilan setiap orang. Sedangkan motifasi terentuk dari sikap seorang pegawai dalam menghadapi situasi kerja motofasi merupakan kondisi yang menggerakan diri pegawai yang terarah untuk mencapai tujuan organisasi.
    Motifasi dan kinerja sangat penting untuk mendorong semangat kerja, dan di pengaruhi oleh latar belakang keluarga, lingkungan masyarakat budaya, dan nilai nilai agama yang di anutnya. Seseorang yang melihat pekerjaan sebagai beban dan keterpaksaan akan mempunyai kinerja yang rendah , tapi seseorang memandang pekerjaan sebagai kebutuhan , pengabdian dan prestasi akan menghasilkan kinerja yang tinggi di mana hubungan ang baik anatara motifasi dan kinerja harus memiliki: tanggung jawab , pribadi yang tinggi , memiliki rencana kinerja dan merealisakan rencana yang terah do programkan.
    Terima kasih banyak. Wasalamualaikumwarahmalullahi wabarakatu…….

  27. 27 Suhaemi February 5, 2014 at 12:49 pm

    Assalammualauikum.wr.wb
    Yang terhormat Bpk. Dr.H.Adie.E.Yusuf,M.A
    Bahwa setelah membaca blogs dengan meteri “Pengaruh Motivasi Terhadap Peningkatan Kerja”. Memang benar sekali pengaruh motivasi sangat teramat penting dalam peningkatan kinerja kerja. Hal ini sangat berpengaruh pada kinerja saya sebagai seorang guru. Dimana motivasi yang ada bisa berupa motivasi internal dan motivasi eksternal. Mutu pendidikan salah satunya ditentukan oleh kompetensi guru dimana guru sebagai pendidik,pengajar,pembimbing yang memiliki tugas dan tanggung jawab yang sangat kompleks. oleh sebab itu, kinerja dan motivasi guru sangat menunjang dalam pencapaian tujuan. Adapun faktor yang mempengaruhi motivasi kerja guru antara lain, adanya suasana kerja disekolah yang harus kondusif,persuasive,dan edukatif. Selain itu,adanya hubungan yang harmonis antara guru dengan guru dan guru dengan pihak sekolah. Oleh sebab itu, seorang guru yang memiliki kemandirian tinggi akan memiliki motivasi kerja yang baik pula. Motivasi itu merupakan kekuatan(power motivation), daya pendorong(driving force). memang benar adanya teori motivasi seperti teori efek howthom, teori kebutuhan, teori x dan y, teori hygine, dan motivator kesemuanya menggambarkan bahwa penghargaaan,kepuasan,adanya rasa aman,suasana kondusif adalah gambaran bahwa motivasi sangat diperlukan oleh seorang pekerja. Motivasi sebagai alat pembangun yang kuat dalam diri kita untuk memperbaiki dan meningkatkan tujuan pembelajaran yang aktif,kreatif,efektif,inovatif,menyenangkan,dan berbobot. Akhirnya saya menyadari bahwa motivasi itu harus didasarkan dari hati sendiri. Jelaslah bahwa peran motivasi amatlah penting bagi kita. Jika seorang pegawai memiliki motivasi untuk belajar lebih baik, maka ia pun memiliki motivasi kerja yang baik pula.
    Terimakasih banyak…………..
    Wassalammualaikum.wr.wb

    Nama: Suhaemi
    NPM: 072113130
    Kelas: E-11/Semester 1/Unpak Pasca Sarjana

  28. 28 budiharniHarni February 15, 2014 at 3:27 am

    Yth . Bp. Dr.H.Addie E. Yusuf, MA,

    Motivasi sangat penting dalam kehidupan sehari-hari karena motivasi adalah anugerah dari ALLAH SWT… dan kalau kita lakukan secara optimal InsyaAlloh akan mengizinkan.

    Kinerja terutama dalam suatu organisasi adalah hasil prestasi kerja kalau seseorang tidak memiliki kinerja yang baik … seperti perilaku , etika, good behaviour dstnya maka organisasi tidak akan berjalan dengan baik. Karena SDM (human capital) adalah asset perusahaan… terutama dalam dunia pendidikan untuk mencerdaskan anak bangsa kedepan.

    Inspirasi Bapak sangat baik sekali dan sangat bermanfaat buat saya.

    Hanya itu saja sukses selalu untuk Bapak…..Wass,

    Budi Harni, S3A4
    Mahasiswa Pasca S3 Universitas Pakuan

  29. 29 Ati Nurhayati February 25, 2014 at 2:35 pm

    Ati Nurhayati
    NIM. 2113107 Kls. E.11

    Asalamu alakum
    Setelah saya membaca seluruh materi yang bapak sampaikan, wawasan tentang motivasi dan kinerja membuat saya ingin terus belajar dalam rangka meningkatkan kualitas hidup dan membentuk karakter sebagai PNS yang propesional.
    Dari berbagai teori yang ada tentang motivasi dan kinerja pada prinsipnya mengandung makna yang sama bahwa Motivasi merupakan kekuatan atau energi seseorang untuk melakukan suatu tindakan dalam mencapai tujuan atau harapan.

  30. 30 R. Siti Pupu Fauziah Kelas S3E2 NPM 073113018 UNPAK March 14, 2014 at 12:31 pm

    assalamu’alaikum w.w.
    First of all, i would like to convey my gratitude to your effort for this blog. I should have a great experience and knowledge in-sya Allah.
    Usaha atau perjuangan adalah kerja keras untuk mewujudkan cita-cita. Setiap manusia harus kerja keras demi kelanjutan hidupnya, Sebagian hidup manusia adalah usaha dan perjuangan. hal tersebut adalah kodrat manusia.Tanpa usaha atau perjuangan, manusia tidak dapat hidup sempuma. Apabila manusia bercita-cita menjadi kaya, ia harus kerja keras. Apabila seseorang bercita-cita menjadi ilmuwan, ia harus rajin belajar dan tekun serta memenuhi semua ketentuan akademik.
    Allahu a’lam bis-shawab..
    =setelah membaca organisasi belajar
    Hatur nuhun
    wassalam,

    R. Siti Pupu Fauziah
    NPM 073113024
    Kelas S3E2 UNPAK

  31. 31 joko.sma harapan bangsa May 30, 2014 at 1:10 am

    terimakasih atas medianya pak Adie E Yusuf, sebagai sarana untuk berdiskusi.

    Learning base on ICT adalah suatu keharusan dalam masa sekarang, siswa sebagai digital nature akan merasa terasing/teralienasi dari dunianya apabila media ini tidak didorong untuk dimanfaatkan. ini adalah era mereka, untuk melakukan mothodology approach maka guru sebagai pendidik wajib masuk kedalam ranah dimana itu merupakan wilayah mereka.

    Dalam chapter Pedagogical Badrul Khan membagi Content Analysis
    lesson plan, lesson material dimana didalamnya dapat didesign dalam model flipped class. Ketika materi dan persiapannya sudah diupload oleh sang pendidik dalam suatu web, maka siswa sudah bisa mempersiapkan dirinya dengan membaca materi, dan ketika masuk kedalam kelas siswa sudah siap dengan materi yang akan dibahas dan siswa sudah pula melakukan enrichment dengan memanfaatkan berbagai sumber yang sesuai.

    Sebelum masuk kedalam dunia ICT berbasis internet sangat penting kiranya siswa dibekali dengan berbagai hal yang berhubungan dengan etika berinternet, karena belajarpun pun bersifat interaktif. menurut badrul Khan dalam Chapter Ethical, bagian Etiquette siswa sangat perlu dibekali dengan :
    1 Remember the human
    2 Adhere to the same standards of behavior online that you follow in real life
    3 Know where you are in cyberspace
    4 Respect other people’s time and bandwidth
    5 Make yourself look good online
    6 Share expert knowledge
    7 Help keep flame wars under control
    8 Respect other people’s privacy
    9 Do not abuse your power
    10 Be forgiving of other people’s mistakes

    Bila persiapan dalam flipped class sudah disiapkan, dann etika berinternet juga dimatangkan dalam diri siswa, niscaya pembelajaran akan menjadi lebih bermanfaat. Walaupun masih banyak seklai aspek lain yang perlu untuk dipersiapkan dalam pembelajaran berbasis ICT. salam.

    Agustinus Joko Purwanto
    S3E2, Universitas Pakuan
    No : 073113002

  32. 32 Tati Sukarti Kelas S3E2 NPM 073113018 Unpak March 22, 2013 at 6:50 am

    As.wr.wb
    Saya Tati Sukarti mahasiswa Unpak kelas S3E2.
    Saya sangat tertarik dengan materi Bapak,karena dalam mareri itu nanti bisa di gunakan untuk reverensi indikator variabel dalam membuat desertasi, dengan materi bapak punya gambaran bagaimana pengaruh motivasi terhadap peningkatan kinerja, baik pada pimpinan( kepala sekolah), tenaga pendidik( guru), maupun siswa( sebagai pelajar).Dengan motivasi apa yang kita inginkan/ harapkan pada tujuan itu akan tercapai.
    Amin….Terima kasih.
    Nama : Tati sukarti
    Kelas : S3 E2/ Unpak/ NPM : 073113018

  33. 33 elis sutianah February 6, 2014 at 3:12 am

    Assalamualaikum wr.wb
    Setelah membaca artikel bapak saya merasa bertambah pengetahuan dan wawasan tentang pentingnya akan motivasi dalam peningkatan kinerja seseorang,baik di lingkungkan perusahaan maupun lembaga atau intansi tertentu.Motivasi perlu dan penting sekali bagi setiap individu guna menciptakan tujuan hasil kerja yang maksimal dalam pekerjaan sehari-hari.
    Dalam ruang lingkup pekerjaan motivasi sangat di perlukan motivasi bisa di dapatkan dari siapapun baik atasan /pimpinan,teman sejawat serta dari dalam diri kita sendiri.Motivasi bisa berhasil jika motivasi tersebut di berikan dengan sesuatu yang dapat meningkatkan etos kerja,jika motivasi yang d berikan itu bersifat positif maka hasilnyapun akan positif,dan apabila motivasi yang diberikan itu bersifat negatif maka hasilnyapun akan negatif.
    Jadi jelas dalam menjalankan suatu pekerjaan motivasi sangat berperan sekali, motivasi bisa berbentuk materi ataupun dukungan moril,sesuai jenis kebutuhan seperti yang tertulis dalam artikel ini yaitu ada kebtuhan berafiliasi,berkuasa dan berprestasi.
    Demikian komentar dari saya kurang lebihnya saya ucapkan terimakasih.Wassalamualaikum Wr.Wb.

    Nama :Elis Sutianah
    kelas : E 11/pasca unpak
    Nim : 72113160


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




May 2008
M T W T F S S
    Jul »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Pages

Categories

Blog Stats

  • 113,197 hits

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 40 other followers

%d bloggers like this: