Definisi Etika – Integritas

Oleh Dr. Adie Erar Yusuf, MA.

Honest is telling the truth. Integrity is living the truth (Ken Blancahrd) Kejujuran adalah menyatakan kebenaran dan integritas adalah menghidupi kebenaran.

Integrity is formed in the heart of the humble (Erwin McMannus). Integritas dibentuk oleh orang-orang yang rendah hati.

Integrity, humility and generosity. This is what we should live aour lives by (Rick Warren). Integritas, kerendahan hati dan kemurahan hati. Inilah bagaimana kita seharusnya menghidupi kehidupan kita.

Integrity is deciding how to integrate my heart values into my daily action (John Maxwell). Integritas adalah mengambil keputusan bagaimana menyatukan nilai-nilai hati saya dengan tindakan saya setiap hari.

Integrity lays the foundadtion for trust and respect (Ken Blancard). Integritas menjadi dasar untuk kepercayaan dan saling menghargai.

Integrity is when your life and your words are telling the same story (Chip Ingram). Integritas adalah saat kehidupan anda dan perkataan anda menceritakan kisah yang sama.

Integrity is the glue that holds all relationship together (Brian Tracey). Integritas adalah perekat yang memperkuat semua hubungan bersama

With integrity, you have nothing to fear, since you have nothing to hide (Zig Ziglar). Dengan integritas, anda tidak perlu takut bila tidak anda yang disembunyikan.

(Diadaptasi dari  karya Dr. Nuah, CBDC Binus University)

Advertisements

3 Responses to “Definisi Etika – Integritas”


  1. 1 Bayu Purwananda February 3, 2017 at 2:29 pm

    Assalamualaikum.

    Menarik sekali artikel yang bapak tulis perihal integritas, saya sebagai seorang pendidik teringat dengan apa yang disampaikan oleh guru saya tentang integritas guru. beliau berkata “jiwa seorang guru lebih penting dari pada guru itu sendiri”. meskipun di mata masyarakat guru bukanlah sebuah profesi yang prestisius layaknya dokter atau pengacara yang menjanjikan income yang berlimpah. akan tetapi guru adalah salah satu fondasi penting dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. yang pada akhirnya akan menciptakan sebuah masyarakat yang terdidik dan berkualitas. guru yang memiliki integritas dan berdedikasi tinggi adalah cita-cita kita semua.
    Wassalam

    Bayu Purwananda
    AP 1.2

  2. 2 Murniwati April 25, 2017 at 11:23 am

    Assalamualaikum,
    Saya sangat setuju dengan artikel tentang integritas tersebut, dimana intergitas itu sangat dibutuhkan oleh seseorang untuk membangun jati diri seutuhnya dalam hal kejujuran, kepercayaan, pembangunan karakter dan sikap bertanggung jawab. Dengan demikian seseorang tersebut akan berusaha untuk positif thingking dan melakukan sesuatu yang baik dan benar.
    Dalam dunia pendidikan kita tanamkan pendidikan karakter, ditumbuhkan dan dibentuk karakter-karakter yang baik pada setiap peserta didik sebagai bekal di kehidupan sosialnya.

  3. 3 yono April 26, 2017 at 5:49 am

    Nama : Daryono
    Kelas : S3E4
    NPM : 073116055
    Jurusan : Manajemen Pendidikan

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    YTH: Dr. Adie Erar Yusuf, MA.
    Terima kasih atas tulisan Bapak.

    Mengacu kepada salah satu definisi integritas oleh Cambridge Dictionary “the quality of being honest and having strong moral principles that you refuse to change” bisa diartikan bahwa individual yang memiliki integritas adalah individu yang memiliki kualitas kejujuran pada dirinya, menjunjung tinggi prinsip-prinsip moral.
    Integritas akan membuat individu bisa dipercaya, baik dalam kapasitas personal maupun profesional. Mantan panglima Perang Dunia II sekaligus mantan presiden Amerika Serikat, -Dwight D. Eisenhower menekankan bahwa The supreme quality for leadership is unquestionably integrity. Ya, kualitas tertinggi dari pemimpin adalah –tanpa keraguan: integritas; di dunia kepemimpinanapun integritas sangat penting yang akan membantu pemimpin dalam mencapai tujuan.
    Individu yang memiliki integritas akan membentuk komunitas yang berintegritas, komunitas ini bisa komunitas sosial maupun profesional. Organisasi, lembaga, perkumpulan ,masyarakat, yang memiliki integritas (menjunjung nilai kejujuran, bertanggung jawab) akan menjadi pondasi yang kuat bagi terbentuknya negara yang memiliki integritas tinggi. Filsuf kondang dari China bahkan secara tegas menyatakan bahwa “The strength of a nation derives from the integrity of a home. –Confucius.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




November 2015
M T W T F S S
« Mar   Dec »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Pages

Categories

Blog Stats

  • 329,288 hits

%d bloggers like this: