Capacity Building for Training

Oleh: Dr. Adie E. Yusuf, MA. Instructional Designer-HELM USAID Project 2015

Pendahuluan

Dalam era pengetahuan ini, upaya pengembangan kapasitas (capacity building) menjadi faktor utama dalam mendukung pengembangan sumber daya manusia (SDM) berbasis pengetahuan. Pengembangan kapasitas dapat diterapkan baik secara formal maupun informal, baik di level pemerintahan, organisasidan institusi. Pengembangan kapasitas dalam organisasi dapat dilakukan melalui pengembangan SDM, pengembangan sistem manajemen. pengembangan sarana dan fasilitas. Pengembangan kapasitas SDM, khususnya  di bidan pendidikan  menjadi penting untuk meningkatkan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan dalam melaksanakan tugas secara profesional. Dalam konteks perbaikan mutu pendidikan, maka pengembangan kapasitas menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari upaya pemenuhnan standar mutu pendidikan.

Konsep Pengembangan Kapasitas

Secara umum pengembangan kapasitas merupakan upaya yang dapat dilaksanakan diberbagai tingkatan dan mencakup berbagai aspek mulai dari sumberdaya manusia, sistem dan prosedur kerja serta struktur organisasi. Tujuan pengembangan kapasitas adalah agar organisasi,  sistem dan prosedur serta individu yang ada dapat dimanfaatkan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam  organisasi tersebut.

UNDP merumuskan pengembangan kapasitas  sebagai proses membangun sumber daya manusia, organisasi dan institusi. Menurut Milen (2004) bahwa pengembangan kapasitas tentunya merupakan proses  peningkatan secara berkelanjutan dari individu, organisasi atau institusi, tidak hanya terjadi satu kali. Ini merupakan  proses internal yang hanya bisa difungsikan dan dipercepat dengan bantuan dari luar. Sedangkan Daniel Rickett menyatakan  bahwa “the ultimate goal of capacity building is to enable the organization to grow stronger in achieving ats purpose and mission” (Ratnasari, Makmur & Ribawanto, 2013).

Strategi Pengembangan Kapasitas

Upaya pengembangan kapasitas dilaksanakan dalam berbagai tingkatan yaitu tingkatan organisasi, tingkatan sistem, dan tingkatan individual.Bagaimana upaya pengembangan kapasitas dapat dilakukan? Pengembangan kapasitas khususnya pelatihan dan pembelajaran dilakukan dengan berbagai cara dan mencakup berbagai macam aspek sebagai berikut:

  1. Tingkatan Organisasi, yaitu dilakukan dengan pengembangan struktur organisasi, kepemimpinan, manajemen, pengembangan sumberdaya manusia, serta pengembangan jaringan organisasi.
  2. Tingkatan Sistem, yaitu dilakukan baik melalui pengembangan kebijakan, peraturan (regulasi dan deregulasi) agar sistem yang ada dapat berjalan secara efektif dan efisien untuk menjamin tercapainya tujuan organisasi.
  3. Tingkatan Individu, yaitu dilakukan dengan pendidikan, pengajaran dan pembelajaran kepada individu dengan berbagai jalur baik pendidikan formal atau non formal, dengan berbagai pendekatan baik pedagogi maupun andragogi.

Strategi dan hasil akhir yang diharapkan dalam pengembangan kapasitas pelatihan dan pembelajaran dalam suatu organisasi dapat dilakukan sebagai berikut.

Tingkatan Strategi Hasil
Organisasi Penataan Sistem Informasi Manajemen, Sumberdaya,  Struktur danPengambilan Keputusan MutuKinerjaPelatihan dan Pembelajaran
Sistem Penyusunan Kerangka dan Sistem Prosedur Kerja, Kebijakan dan Program
Individu Peningkatan Pengetahuan, Ketrampilan, Kompetensi, dan Etika Profesi

 Referensi

  • Lawson,K.2006.TheTrainer’ 2nd Ed. Pfeiffer:San Francisco.
  • Noe, Raymond (2003), Employee Training and Development, Boston: McGrawHill.
  • Riyadi Soeprapto, MS. (2010), The Capacity Building For Local Government Toward Good Governance, Word bankSasmita, Ivhan, Penerapan Metode Pembelajaran Orang Dewasa di dalam Pelatihan, Performance Execution, PT Lutan Edukasi, Kompas 24 Oktober 2015.
  • D. Ratnasari, M.Makmur, H. Ribawanto, Pengembangan Kapasitas (Capacity Building) Kelembagaan, Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol.1, No.3, h. 103-110. Diakses pada 2 Februari 2016 di http://www.academia.edu/8309744/PENGEMBANGAN_KAPASITAS_CAPACITY_BUILDING_KELEMBAGAAN_PADA_BADAN_KEPEGAWAIAN_DAERAH_KABUPATEN_JOMBANG

0 Responses to “Capacity Building for Training”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




July 2016
M T W T F S S
« Dec    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Pages

Categories

Blog Stats

  • 275,492 hits

%d bloggers like this: