Management of Training: Classroom Management

Oleh: Dr. Adie E. Yusuf, MA. USAID HELM Instructional Designer 2015

Konsep Manajemen Kelas

Manajemen kelas adalah suatu seni mengoptimalkan sumberdaya kelas untuk menciptakan proses pemebalajar yang efektif dan efisien. Manajemen Kelas merupakan proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan oleh fasilitator pelatihan baik individual maupun melalui orang lain seperti teman sejawat atau pihak lain untuk mengoptimalkan proses pelatihan. Perencanaan mengacu pada perencanaan pelatihan dan unsur pendukungnya, pelaksanaan mengacu pada proses pelatihan dan evaluasi mengacu pada upaya mengukur proses dan hasil pelatihan.

Manajemen kelas yang modern merekomendasikan bahwa pengelolaan kelas dengan pendekatan inovasi, sumber daya kelas selalu dalam kondisi yang dapat menimbulkan perhatian, motivasi dan suasana yang menyenangkan peserta dalam proses belajar. Manajemen kelas mencakup pengatuan manusia dan fasilitas pembelajaran. Tanggungjawab fasilitator pelatihan sebagai manajer kelas antara lain:

  • Memelihara lingkungan fisik
  • Mengarahkan proses sosial
  • Membimbing perialku peserta yang positif
  • Memimpin kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien
  • Menciptakan situasi pembelajaran yang kondusif untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Dimensi Manajemen Kelas

Terdapat tiga dimensi dalam manajemen kelas yang efektif dan efisien, sebagai berikut:

  • Dimensi perilaku manusia (behavior)
  • Dimensi sarana/fasilitas (facility)
  • Dimensi lingkungan (environment)

Dimensi Perilaku Manusia

Manajemen kelas berdasarkan dimensi perilaku manusia sebagai berikut:

  • Perbedaan kondisi fisiologik, yaitu penurunan komponen indera, penurunan daya ingat
  • Perbedaan kondisi psikologik, yaitu bakat, minat, kecerdasan, motivasi, daya kognitif
  • Perbedaan karakter individu, yaitu kemampuan kognitif, pengelaman individu, penguasaan bahasa, sosial budaya, faktor usia.

Manajemen kelas berdasarkan dimensi fasilitas sebagai berikut:

  • Ketersediaan dan pemilihan media (teknologi informasi komunikasi) pemebalajaran yang menstimulasi aspek kognitif dan afektif serta psikomotorik
  • Menguasai berbagai metode pembelajaran

Manajemen kelas berdasarkan dimensi lingkungan sebagai berikut:

  • Susana belajar yang kondusif, seperti keakraban, menyenangkan, ketenangan
  • Ruang kelas, sepeti bersih, teratur, nyaman, lega, tata ruang
  • Ventilasi tuangan

Faktor Penghambat dalam Manajemen Kelas

Penghambat dalam manajemen kelas yang efektif ditntukan oleh 3 faktor utama yaitu:

  1. Fasilitator, seperti gaya kepemimpinan, metode pembelajaran yang monoton, kepribadian, pengetahuan, pengalaman
  2. Peserta, seperti motivasi, gaya belajar, kepribadian
  3. Fasilitas, seperti sarana dan prasarana yang baik, ruang kelas, media pembelajaran

Kelemahan dalam siklus pemebalajaran yang menghambat keberhasilan belajar peserta dapat dilihat dari 3 tahap yaitu:

  1. Tahap persiapan, seperti peserta tidak terbuka untuk belajar, bersikap negatif
  2. Tahap presentasi, peserta tidak memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang disampaikan, sesuatu yang baru bagi peserta, diperlakukan sebagai konsumen pasif
  3. Tahap pelatihan, seperti peserta tidak cukup waktu menyerap pengetahuan keterampilan baru

Upaya preventif perlu dilakukan untuk mengatasi hambatan dan kelemahan tersebut melalui manajemen kelas yang efektif. Bagaimana pengelolaan kondisi fisik yang baik? Bagaimana pengelolaan sosio emosional  yang kondusif?

Dimensi Sarana dan Fasilitas
Tata ruang kelas untuk belajar belajar yang kondusif dapat dibentuk melalui berbagai formasi ruang sebagai berikut.

 

 

  • Formasi Tradisional, adalah frmasi yang umum digunakan, sesuai untuk metode ceramah, tidak sesuai untuk durasi belajar yang panjang.
  • Formasi U, adalah formasi paling serbaguna, memungkinkan pandangan kesemua arah, kemudahan mengubaj tata letak untuk membetuk tim, diskusi kelas dapat berjalan lancar.
  • Formasi Tim, adalahformasi tata ruang untuk belajar, meningkatkan interaksi dan mendukung suasana keakraban.
  • Formasi Konferensi, yaitu formasi tata ruang yang besar dengan banyak peserta, berkesan formal, meminimalkan dominasi fasilitator, cenderung mengabaikan peserta yang berada di luar pandangan.
  • Formasi Lingkaran, yaitu formasi tata ruang belajar untuk diskusi kelompok besar.
  • Formasi Kelompok, yaitu formasi tata ruang belajar yang sesuai untuk diskusi terbuka, demonstrasi, bermain peran.
  • Formasi Ruang Kerja, yaitu formasi tata ruang bekerja untuk sesuai untuk kegiatan laboratorium, evaluasi, ujian

 

 

 

Dimensi Lingkungan
Lingkungan kelas dapat dibedakan antara kelas tradisonal dan kelas akselerasi sebagai berikut:

Kelas Tradisional, memiliki karakteristik seperti: Ketegangan, Kebosanan, Terasing, Suasana steril, Otoriter, Merasa terkurung.

Kelas Akselerasi, memiliki karakteristik seperti Ketenangan, Minat dan kerjasama, Kebebasan pribadi, Kegairahan, Rasa hormat pada orang lain, Merasa senang.

 

Hal-hal yang perlu diperhatikan fasilitator dalam manajemen kelas khususnya lingkungan. Bagaimana mengelola lingkungan fisik yang kondusif? Bagaimana mengelola lingkungan non fisik yang baik?

Perilaku Peserta

Apa saja perilaku peserta yang negatif dan bagaimana mengatasi perilaku peserta yang menyimpang.

 

Perilaku peserta yang menyimpang dapat dilihat berdasarkan karakteristik yaitu Diam, Cerewet, Dominan, Agresif, Negatif.

 

 

Kualitas tampilan fasilitator yang dapat menciptakan manajemen kelas yang efektif dan efisien yaitu:

  • Memotivasi dan mendorong partisipasi aktif peserta selama proses pembelajaran
  • Menggunakan variasi metode dan teknik fasilitasi sesuai tujuan dan materi pembelajaran
  • Memantapkan kepercayaan diri dan penguasaan diri
  • Menyeimbangkan bahasa tubuh dan bicara dengan intonasi, jeda, filter, volume yang jelas
  • Menggunakan gaya pengucapan kata yang jelas
  • Memberikan perhatian yang merata kepada seluruh peserta

 

Tahapan Manajemen Kelas

  1. Tahap Persiapan
  • Persiapan awal yang meliputi Pembukaan, Presentasi dan penutup
  • Persiapan media (teknologi informasi & komunikasi) pembelajaran
  • Persiapan tata ruang kelas
  • Persiapan cue cards
  • Persiapan diri pribadi

 

Persiapan presentasi terdiri atas:

  • Menyiapkan daftar pertanyaan (check list)
  • Mereview topik / materi yang akan dibahas
  • Memilih infromasi yang dibutuhkan
  • Menentukan metode / teknik yang akan diginakan
  • Mengatur struktur presentasi
  • Membuat cue cards bila diperlukan
  • Mengatur waktu
  • Menentukan media
  • Berlatih

 

  1. Tahap Pelaksanaan
  • Kegiatan Pembukaan (5%)
  • Pembukaan dan perkenalan
  • Analisis kebutuhan/harapan peserta
  • Penyampaian tujuan, materi dan manfaat

 

  • Kegiatan Inti (85%)
  • Presentasi isi materi
  • Latihan baik individual atau kelompok
  • Kuiz dan penugasan

 

  • Kegiatan Penutup (10%)
  • Aplikasi dalam praktek
  • Refleksi
  • Rangkuman

 

  1. Tahap Evaluasi
  • Evaluasi lisan dan tulisan
  • Tindak lanjut

 

Manfaat Evaluasi bagi fasilitator untuk mengetahui bagaimana :

  • Peningkatan kompetensi peserta, yaitu dengan membandingkan antara tes awal dan tes akhir
  • Perubahan sikap peserta, yaitu keputusan kapan dan bagaimana menilai perubahan sikap peserta, observasi kelompok, antusias peserta
  • Umpan balik peserta terhadap materi pembelajaran

 

Simpulan

Manajemen kelas sangat penting dan strategis dalam menentukan efektifitas dan efisiensi proses pembelajaran. Hakekat manajemen kelas adalah melakukan inovasi sumber daya di kelas agar dapat diciptakan kondisi belajar yang kondusif. Oleh karena itu, sikap individu baik fasilitator maupun peserta akan menentukan keberhasilan proses pembelajaran. Akhirnya evaluasi yang berkala digunakan untuk mengukur hasil dan perilaku yang diharapkan.

 

Referensi

  • Gina Lucita L. Manajemen Kelas, LAN, Makasar.
  • Khine, Lourdusamt, Lang & Wong, 2005, Classroom Management: Facilitating Teaching and Learning, London: Pearson Prentice Hall.
  • Rachman, Maman,1998, Manajemen Kelas, Ditjen Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta. https://docs.google.com/document
  • Rodriguez, Lisa, Classroom Management for Faculty, http://www.4faculty.org/includes/108r2.jsp

 

Advertisements

25 Responses to “Management of Training: Classroom Management”


  1. 1 srijuniellyawati October 2, 2016 at 7:47 am

    Dalam proses pembejaran dimanapun kita berada,kurikulum yang secanggih apapun, dengan saran & prasarana yang modern dan dalam jenjang apapun tanpa niat yang kuat, tanpa keingintahuan, tanpa ada rasa tanggung jawab moral yang dalam dan keikhalasan dalam bekerja ,mustahil pembelajaran yang inovatif yang menyenangkan akan terwujud.
    semua berpulang kepada diri kita sebagai pendidik dan pengajar.

  2. 2 ATEP YULIA NUGRAHA, S.Si January 7, 2017 at 7:27 am

    Mengelola kelas adalah tindakan guru untuk menciptakan suasana agar pembelajaran berlangsung dengan baik.

    Tujuan pembelajaran akan tercapai secara efektif dan efisien. Hasil belajar dapat dirasakan oleh siswa secara langsung sehingga terwujud pembelajaran bermakna bagi siswa.

    Akan tetapi dalam praktiknya, mengelola kelas bukanlah pekerjaaan yang gampang bagi sebagian guru. Teori-teori yang berlaku kadang-kadang tidak mempan ketika diterapkan di ruang kelas.

    Guru masih saja mengalami masalah ketika menghadapi siswa di ruang kelas.

    Ada beberapa upaya alternatif yang dapat dilakukan guru, antara lain:
    1. Memahami teori pembelajaran
    2. Menguasai materi pembelajaran
    3. Gaya mengajar yang khas
    4. Gunakan metode mengajar yang pas
    5. Kontrol disiplin belajar
    6. Kesiapan siswa

    Minimal dengan 6 tips di atas menjadi upaya berarti bagi guru dalam mengelola kelas dengan baik. Tentu saja masih banyak tips lain yang dapat dikembangkan dalam mengelola pembelajaran. Namun semuanya tergantung pada daya kreativitas dan inovasi masing-masing guru.

  3. 3 Indah Dikriah January 12, 2017 at 3:41 am

    Assalamualaikum wr.wb
    saya Indah Dikriah kelas E13,saya merasa termotivasi dengan artikel bapak tentang managemen kelas karena dpt menentukan efektifitas dan efisiensi proses pembelajaran,terutama partisifasi peserta didik semakin meningkat dgn managemen kls yg baik.

  4. 4 Sri Yulianti Kls E-13 NPM 072115119 January 12, 2017 at 9:24 pm

    Manajemen kelas adalah upaya guru dalam mengelola kelas agar pembelajaran dapat berlangsung dengan baik untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Manajemen kelas meliputi proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Peoses tersebut bukanlah hal yang mudah, karena merupakan proses panjang untuk terjadinya pembelajaran yang baik.
    Paparan yang disampaikan oleh Bapak Adie E. Yusuf sangat baik dan lengkap untuk dijadikan acuan dalam mengelola kelas.
    Terima kasih Bapak Dr. Adie Yusuf.

  5. 5 LILIS SUKAESIH E.13_ 072115106 January 13, 2017 at 4:51 pm

    Manajemen kelas merupakan usaha terencana yang dilakukan oleh guru untuk mengkondisikan siswanya menuju keadaan yang efektif dan kondusif untuk melakukan pembelajaran, sehingga kegiatan belajar mengajar menjadi menyenangkan serta dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan baik sesuai kemampuan.

    Guru diibaratkan seorang sutradara handal yang harus menguasai skenario pembelajaran dengan baik dari 3 dimensi manajemen kelas ,agar tujuan dari pembelajaran dapat tercapai seperti yang diharapkan.Tidak mudah tetapi sangat menantang untuk di taklukkan.

    Terimakasih kepada Bapak Dr. Adie E. Yusuf, MA.
    Materi tentang manajemen kelas yang bapak paparkan sangat bermanfaat bagi kami sebagai tenaga pendidik.

  6. 6 suprapti January 18, 2017 at 5:51 pm

    Management kelas merupakan tugas pendidik untuk dapat menciptakan suasana yang menimbulkan gairah belajar dan meningkatkan prestasi peserta didik.Hal ini mengharuskan pendidik untuk terus meningkatkan wawasan tentang strategi pengelolaan kelas yang efektif dan efisien.

    Terimakasih Bapak Dr. Adie E . Yusf, MA.

    Paparan materi managemen kelas dari bapak sangat bermamfaat bagi kami

  7. 7 LUKMAN January 20, 2017 at 3:16 am

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.

    Saya sangat terkesan dengan tulisan Bapak tentang Management of Training: Classroom Management ini,sangat menginspirasi!

    Tulisan Bapak tersebut bisa diaplikasikan bukan hanya dalam sebuah pelatihan saja,tetapi dalam pembelajaran di kelaspun bisa diaplikasikan.Manajemen kelas merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru.Tanpa sebuah manajemen kelas yang baik,maka output pembelajaran yang diharapkan akan menjadi sebuah harapan belaka.Dengan manajemen kelas yang baik,maka suasana pembelajaran akan berjalan dengan baik dan kondusif.

    LUKMAN-KELAS AP E.13 UNPAK (NPM.072115107)

    Terima kasih…
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb

  8. 8 suprapti E.13 _ 072115120 January 20, 2017 at 2:35 pm

    Management kelas merupakan tugas pendidik untuk dapat menciptakan suasana yang menimbulkan gairah belajar dan meningkatkan prestasi peserta didik.Hal ini mengharuskan pendidik untuk terus meningkatkan wawasan tentang strategi pengelolaan kelas yang efektif dan efisien.

    Terimakasih Bapak Dr. Adie E . Yusf, MA.

    Paparan materi managemen kelas dari bapak sangat bermamfaat bagi kami

  9. 9 Santi Lanjarsari January 22, 2017 at 3:28 am

    Assalamu’allaikum wr.wb
    Setelah mengkaji pemaparan bpk diatas, saya dapat menyimpulkan bahwa manajemen kelas adalah keterampilan guru untuk menciptakan iklim pembelajaran yang kondusif serta mengendalikannya jika ada gangguan dalam pembelajaran tersebut agar tujuan pembelajaran tercapai secara efektif dan efisien.
    Manajemen kelas akan berhasil jika tahap persiapan, presentasi, dan pelatihan dipersiapkan secara matang. Selain itu manajemen kelas akan terhambat jika fasilitator, peserta, dan fasilitas atau sarana dan prasarana sekplah kurang mendukung proses kegiatan belajar mengajar.

    Santi lanjarsari
    NPM. 072115118
    AP E.13

  10. 10 Umyati E.13 NPM 072115122 January 22, 2017 at 8:27 am

    UMYATI E.13
    Assalamualaikum Wr.Wb.
    Manajemen kelas adalah salah satu upaya agar proses pembelajaran berjalan dengan efektif dan efisien. Dalam managemen kelas, guru dituntut untuk lebih bersikap kreatif dan inovatif dalam mengelola proses pembelajaran, sehingga suasana belajar lebih menyenangkan dan peserta didik lebih termotivasi untuk belajar lebih giat lagi.

  11. 11 Atiyatu Jakiyah January 31, 2017 at 12:40 am

    Assalamualaikum…
    Bapak..saya sangat termotivasi setelah membaca artikel yg bpk buat…
    Bahwa manajemen kelas sangat penting sekali, karena manajemen kelas menunjukkan kegiatan yang menciptakan dan mempertahankan kondisi yang optimal proses belajar mengajar di dalam kelas.
    Adapun upaya yang dilakukan dalam menciptakan manajemen kelas yang efektif dan efesien yaitu memiliki tujuan yang diniatkan dalam setiap kegiatan belajar mengajar baik yang sifatnya instruksional maupun tujuan pengiring yang akan dapat mempertahankan kondisi yang menguntungkan bagi peserta didik.
    Manajemen kelas sangat penting dalam menungkatkan mutu belajar anak disekolah, dimana dengan pengelolaan kelas yang efektif dan efesien akan mewujudkan proses pembelajaran yang efektif pula.
    Dengan demikian, adanya manajemen kelas yang baik sangat membantu pencapaian tujuan pembelajaran secara optimal.

    Nama: Atiyatu Jakiyah
    Pasca Sarjana UNPAK
    Kelas A.1.2

    Terima kasih.
    Wassalamualaikum.

  12. 12 Setya Aprilia February 2, 2017 at 6:50 am

    Asalamualaikum Wr. Wb…
    Setelah saya membaca artikel yang bapak tulis ini, saya sangat termotivasi sekali….
    Bahwa manajemen kelas yang baik, menjadi salah satu faktor utama yang sangat berpengaruh dalam menciptakan kondisi belajar yang kondusif yang menentukan keberhasilan proses pembelajaran.
    Adapun tiga dimensi dalam manajemen kelas yang efektif dan efisien, yaitu dimensi perilaku manusia (behavior), dimensi sarana/fasilitas (facility), dan dimensi lingkungan (environment).
    Sedangkan kualitas tampilan fasilitator yang dapat menciptakan manajemen kelas yang efektif dan efisien yaitu, memotivasi dan mendorong partisipasi aktif peserta didik selama proses pembelajaran, menggunakan variasi metode yang sesuai dengan tujuan dan materi pembelajaran, menggunakan gaya pengucapan kata yang jelas dan memberikan perhatian yang merata kepada seluruh peserta didik.
    Dan akhirnya evaluasi yang berkala digunakan untuk mengukur hasil dan perilaku yang diharapkan.

    Nama : Setya Aprilia
    NPM : 072116049
    Pasca Sarjana UNPAK
    Kelas A.1.2

  13. 13 MAMAY LASMIATI NPM 072115108 February 10, 2017 at 9:15 am

    Mamay lasmiati E13
    Manajemen kelas adalah salahsatu unsur terpenting dalam pembelajaran, agar pembelajaran lebih efektif dan dapat tercapai sesuai tujuan yang diharapkan.
    Tetapi pada kenyataannya masih ada guru yang masih kesulitan dalam memanaje kelas.Maka dari itu training atau pelatihan guru dalam peningkatan lemampuan untuk memanaje kelas sangat perlu diadakan.

  14. 14 MAMAY LASMIATI NPM 072115108 February 10, 2017 at 9:25 am

    Mamay lasmiati E.13
    Manajemen kelas adalah salah satu poin penting dalam pembelajaran. Dengan manajemen kelas yang baik pencapaian tujuan pembelajaran jauh lebih mudah untuk di capai, tetapi pada kenyataannya masih banyak guru yang kesulitan dalam hal memenej kelas . Maka dari hal tersebut training untuk hal tersebut sangat perlu di selenggarakan .

  15. 15 elin alinda kelas E13 February 11, 2017 at 2:29 am

    assalamua’laikum wr.wb
    Manajemen kelas merupakan keterampilan guru untuk menciptakan iklim pembelajaran kondusif dan mengendalikannya jika terjadi gangguan dalam pembelajaran. Sehingga keberhasilan siswa dalam belajar sangat ditentukan oleh strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru.
    Guru dituntut untuk memahami komponen-komponen dasar dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di dalam kelas oleh karena itu, guru dituntut untuk paham tentang filosofis dari mengajar dan belajar itu sendiri, mengajar tidak hanya sekedar mentransfer ilmu pengetahuan akan tetapi juga sejumlah perilakunya yang akan menjadi kepemilikan siswa.
    Terimakasih kepada Bapak Dr.Adie E. Yusuf.MA . Materi tentang Manajemen Kelas yang bapak paparkan sangat bermanfaat bagi kami.
    Wassalamua’laikum wr.wb.

  16. 16 MAMAY LASMIATI E 13 NPM 072115108 February 11, 2017 at 2:39 am

    Mamay Lasmiati E13
    Manajemen kelas adalah salah satu unsur penting dalam pembelajaran atau KBM.
    Manajemen kelas yang baik dapat mempermudah pencapaian tujuan pembelajaran.Tetapi pada kenyataannya masih banyak guru yang kesulitan dalam memenej keadaan kelas/siswa ketika pembelajaran berlangsung.Maka dari hal tersebut hadirnya training atau pelatihan tentang manajemen kelas akan sangat membantu

  17. 17 Elin alinda E 13 NPM 072115100 February 11, 2017 at 2:57 am

    assalamua’laikum wr.wb
    Manajemen kelas merupakan keterampilan guru untuk menciptakan iklim pembelajaran kondusif dan mengendalikannya jika terjadi gangguan dalam pembelajaran sehingga keberhasilan siswa dalam belajar sangat ditentukan oleh strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru.
    Guru dituntut untuk memahami komponen-komponen dasar dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di dalam kelas oleh karena itu, guru dituntut untuk paham tentang filosofis dari mengajar dan belajar itu sendiri. Mengajar tidak hanya sekedar mentransfer ilmu pengetahuan akan tetapi juga sejumlah perilaku yang akan menjadi kepemilikan siswa.
    Terimakasih kepada Bapak Dr. Adie E. Yusuf. MA. Materi tentang Manajemen Kelas yang bapak paparkan sangat bermanfaat bagi kami.
    wassalamu’alaikum wr.wb.

  18. 18 Fanus Harsa Wardhana March 22, 2017 at 1:44 am

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Menurut pemahaman saya Manajemen Kelas adalah seperangkat kegiatan guru untuk menciptakan situasi kelas yang kondusif dalam rangka pencapaian tujuan pembelajaran yang optimal. Tujuan manajemen kelas adalah untuk menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, menyenangkan, sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan tenang, memungkinkan peserta didik untuk mengembangkan kemampuannya semaksimal mungkin dan membentuk prilaku berbudaya dan berakhlak mulia.

    Masalah yang sering timbul dalam aplikasi manajemen kelas disebabkan karena kelas yang kurang kohesif, perbedaan suku, jenis kelamin, adanya penyimpangan tingkah laku. Dan yang menjadi ruang lingkup manajemen kelas adalah kegiatan akademik dan kegiatan administrasi, serta pembentukan perilaku yang bermoral bagi peserta didik.

    Terimakasih kepada Bapak Dr. Adie E. Yusuf, MA.
    Materi tentang manajemen kelas yang bapak paparkan sangat bermanfaat bagi kami sebagai tenaga pendidik.

    Wasallamu’alaikum Wr. Wb.

    Fanus Harsa Wardhana
    NPM 072116087
    PPs UNPAK
    AP E.14

  19. 19 Taofik Riswana March 24, 2017 at 11:47 pm

    Assalammu’alaikum Warahmatullahi wabarakatu..
    Mengelola kelas atau pengelolaan kelas khususnya oleh guru selaku pendidik sangat penting untuk dilakukan, disamping dapat meningkatkan minat belajar pada siswa juga dapat menjadi keasyikan tersendiri bagi gurunya agar lebih bermakna dalam peningkatan kualitas peserta didik..
    Yang menjadi permasalahan antara lain yaitu masalah individu/perorangan dan masalah kelompok. Agar dalam melaksanakan pengelolaan kelas secara efektif dan tepat guna, maka guru harus rnengidentifikasikan kedua masalah tersebut, tetapi tak kalah pentingnya dari kedua masalah tersebut adalah masalah organisasi sekolah.

    Kegiatan rutin yang secara organisasional perlu dilakukan baik di tingkat kelas maupun pada tingkat sekolah yang kemungkinan akan dapat mencegah masalah pengelolaan kelas.
    Pengelolaan kelas perlu diadakan perubahan-perubahan. Hal ini untuk mencegah kejenuhan bagi siswa sebagai peserta didik selama mengikuti kegiatan belajar mengajar (khususnya didalam kelas) tak menutup kemungkinan diluar kelas.

    Waalaikum salam warahmatullahi wabarakatu

    Taofik Riswana
    NPM 072116100
    PPS UNPAK
    Administrasi Pendidikan (AP) E.14

  20. 20 Darusman E14 Sukabumi March 26, 2017 at 1:18 am

    Pembelajaran bisa tercapai secara efektif dan efisien mana kala jika sil belajarnya bisa dirasakan oleh siswa secara langsunghal ini akan mewujudkan pembelajaran itu lebih bermakna bagi siswa.
    Kegiatan guru dalam KBM hendaknya menciptakan suasana agar pembelajaran berlangsung baik dan menyenangkan. Pada kenyataannya mengelola kelas itu bukan pekerjaan yang mudah dan gampang bagi seorang guru, kadang kala teori yang ada tidak sesuai dengan kenyataan kelas yang ada sehingga guru dituntut untuk berinovasi dan kreatif dalam menangani kelas
    Banyak sekali permasalahan yang dihadapi oleh seorang guru ketika menghadapi siswa di kelas sehingga guru harus melakukan beberapa alternatif jika kondisi diluar teori yang ada diantaranya :
    a. Hendaknya menguasai bahan ajar
    b. Mencari metode yang pas dalam mengajar
    c. Membuat pembelajaran yang fokus
    d. Memperhatikan kedisiplinan siswa
    e. Memperhatikan kesiapan siswa

  21. 21 srisariningsih March 26, 2017 at 1:37 am

    Assalamualaikum Waralmatullahi wabarakatu

    Saya sangat tertarik sekali dengan artikel ini dan sangat setuju dengan pengelolaan kelas. Dalam pembelajaran memang pengelolaan kelas mutlak harus dikuasai oleh seorang guru, tanpa pengelolaan kelas yang baik, maka tujuan pembelajaran tidak akan tercapai dengan baik pula.

    Waalaikum salam warahmatullahi wabarakatu

    Sri Sariningsih
    NPM 072116098
    PPS UNPAK
    Administrasi Pendidikan (AP) E.14

  22. 22 nendenrahmawatiblog rahmawati March 28, 2017 at 11:58 am

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Setelah membaca artikel diatas tentang management pengelolaan kelas..saya sangat setuju sekali.bahwa seorang guru harus mampu menguasai pengelolaan kelas,karena guru harus bisa menciptakan suasana belajar mengajar yg menyenangkan,sehingga anak merasa betah dan nyaman didalam kelas.dan bisa membangkitkan gairah belajar anak juga.tetapi untuk menciptakan suasana itu ..guru juga harus mampu memberikan motivasi dg cara penguasaan materi yg bagus,memberikan karya kreatif dan inovatif,membangun suasana yg menyenangkan sehingga anak anak merasa nyaman belajar dan mampu berkreasi secara kreatif,inovatif serta imajinatif.dg demikian suasana proses belajar mengajar didalam kelas akan nyaman.
    Demikianlah pendapat dari saya tentang management pengelolaan kelas
    Yang harus dikuasai dan dilaksanakan oleh seorang guru.
    Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh..

    Nenden rahmawati
    Npm:072116093
    PPS UNPAK
    ADMINISTRASI PENDIDIKAN (AP)E14

  23. 23 Annisa Restu Purwanti April 1, 2017 at 3:05 pm

    Terdapat 3 dimensi dalam manajemen kelas, yakni Dimensi perilaku manusia (behavior), Dimensi sarana/fasilitas (facility), dan Dimensi lingkungan (environment) yang mana keseluruhannya itu menjadi suatu sistem yang saling mendukung dalam mencapai pembelajaran yang efektif dan efisien. Jika ketiganya terkondisikan secara maksimal maka akan tercipta pembelajaran yang optimal. Hal yang belum dibahas dari artikel diatas yakni mengenai tata ruang kelas. Jika kita lihat sekeliling ruang kelas adalah ruang kelas yang ‘ramai’ alias yang banyak tempelan-tempelan adalah kelas yang inovatif dan baik dalam manajemen kelas. saat ini sudah semakin banyak sekolah yang menyadari hal tersebut. Manajemen kelas yang baik, dinding kelas dipenuhi dengan hasil inovasi dan kreasi siswanya. Sehingga mampu membangkitkan rasa semangat dan kebanggaan tersendiri karena hasil belajarnya diberi penghargaan dengan dipajang di dalam kelas. Tata ruang kelas selain menerapkan formasi tempat duduk yang sesuai dengan kebutuhan belajar juga mengenai cat kelas yang dibuat menarik atau setidaknya menggunakan warna yang menimbulkan warna ceria dan menimbulkan semangat dalam belajar

    Annisa Restu Purwanti
    Kelas E.14 Sukabumi

  24. 24 Nenden Sri Sulastri April 3, 2017 at 7:05 am

    Assalamualikum, wr.wb
    Artikel manajemen kelas meliputi 3 dimensi :
    dimensi perilaku manusia (behaviour) yang dibutuhkan dalam kondisi ini persiapan, presentasi, pelatihan (seringnya untuk dimensi ini kadang kita pincang dalam satu aspek padahal kalau lengkap Subhanallah alangkah indahnya proses pencapaian yang akan diraih).dimensi sarana/pasilitas (ini cenderung terlupakan kita terlalu asik dengan kelas yang konvensional)dimensi lingkungan (kita juga tidak perduli dengan adanya keberagaman, keberagaman itu satu elemen yang bisa membuat komplek dalam pembelajaran), sehingga betul wawasan, pengetahuan dan gagasan-gagasan adalah kesatuan yang komplek juga untuk tercapainya 3 dimensi tersebut.

  25. 25 RidhaTresna Munggaran April 10, 2017 at 5:54 am

    Assalamualaikum Wr.Wb

    Setelah membaca artikel bapak yang berjudul Konsep Manajemen Kelas, saya sangat sependapat dengan hal tersebut. Manajemen kelas merupakan satu upaya bagi setiap fasilitator dalam hal ini guru untuk menciptakan kegiatan pembelajaran yang baik di kelas.
    Idealnya kegiatan pembelajaran yang baik salah satunya yaitu dengan menerapkan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan, gembira dan berbobot (PAIKEM GEMBROT). Selain itu, kegiatan pembelajaran yang baik juga ditunjang dengan perangkat pembelajaran yang lengkap dan telah disiapkan dengan matang oleh guru. Perangkat pembelajaran tersebut meliputi, program tahunan, program semester, Silabus, RPP, dll.
    Kenyataan yang banyak terjadi di lapangan saat ini pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher centered), hal ini terjadi karena kurangnya pemahaman guru dalam menerapkan model-model pembelajaran inovatif yang mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas agar lebih menyenangkan.
    Dengan demikian manajemen kelas yang baik sangat berpengaruh pada kegiatan pembelajaran agar lebih baik, suasana belajar di kelas lebih hidup, siswa lebih aktif, kreatif, dan pembelajaran lebih menyenangkan. Hal-hal tersebut secara otomatis dapat meningkatkan hasil belajar siswa menjadi lebih baik.

    Ridha Tresna Munggaran
    NPM : 072116096
    Kelas : E.14
    Administrasi Pendidikan


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




July 2016
M T W T F S S
« Dec    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Pages

Categories

Blog Stats

  • 304,311 hits

%d bloggers like this: